Thursday 9 August 2012

Kamu Ingin Jadi Apa??



“Kamu Ingin Jadi Apa??”
“Kamu siapa??”
“Aku??”
“Iya…sepertinya aku belum pernah melihatmu.”
“Kau bercanda?? Aku tanah liat, sahabat karibmu.”
“Mengapa kau begitu lemas, lesu, lunglai…tidak seperti teman-teman lain yang sedang senang-senangnya menatap masa depan??”
“Aku sedih.”
“Sedih kenapa??”
“Impianku musnah.”
“Impianmu apa??”
“Aku ingin menjadi keramik yamg cantik. Keramik yang indah. Keramik yang setiap orang ingin menyentuhnya. Keramik yang setiap orang ingin memilikinya. Aku ingin menjadi bagian dari keramik-keramik mahal yang dipajang di setiap rumah mewah. Impianku tidak sederhana, dan aku yakin setiap tanah ingin menjadi dia.”
“Lalu…??”
“Ya….seperti yang kau lihat,,impianku musnah.. kwalitasku tidak cukup baik untuk menjadi keramik yang cantik.”
“Setiap tanah mempunyai bakatnya sendiri-sendiri.”
“Sudahlah..jangan mencoba menghiburku,, jangan mencoba meracuni pikiranku dengan impian selangit.. mungkin memang nasibku sudah begini.”
“Setiap tanah tidak harus menjadi keramik yang cantik bukan?? Memangnya apa alasanmu ingin menjadi keramik?? Untuk puji?? Dikagumi?? Atau mungkin untuk dihargai mahal??”
“Maksud kamu???”......
“Setiap tanah mempunyai potensi yang besar. Kamu bisa menjadi piring, mangkok, atau gelas yang sangat dibutuhkan manusia,, yang tentunya lebih bermanfaat dari sekedar keramik cantik yang hanya dipajang…. Atau mungkin kamu bisa menjadi vas bunga yang digunakan untuk tempat bunga. Atau mungkiiin… kamu bisa menjadi batubata yang menjadi bagian dari sebuah bangunan,,tanpa kamu, sebuah bangunan tidak akan menjadi bangunan yang utuh dan sempurna . Dan harus kukatakanan sekali lagi, sebuah batubata itupun,,, begitu, lebih dan sangaat berharga daripada sebuah keramik cantik yang dipajang dirumah-rumah mewah. Atau mungkin kamu ingin menjadi tanah “saja”?? eiittt.... salah,, bukan saja.. Malah menurutku tanahlah yang paling bermanfaat untuk semesta, ia rela diinjak-injak setiap hari,,ia rela berpanas-panasan ditempa matahari,, iapun rela menggigil kedinginan menemani rembulan yang sedang kesepian,, Karena dia..tumbuhan dapat berdiri tegak dengan sempurna.”
“Ehmmm…akuu..”
“Kamu menyerah??”
“Harus bagaimana lagi???”
“Heyy…kamu siapa?? Kurasa aku benar-benar tidak mengenalmu. Mana senyum pantang menyerah yang biasa terukir dikeningmu?? Mana bara semangat yang dulu selalu berkobar didadamu?? Mana nafas perjuangan yang kutahu selalu berhembus seiring dan senada detak jantungmu?? Mana?? Haaa…katakanan..!! dulu aku begitu mengagumimu, kamu begitu kuat, begitu bersemangat, dan kamu begitu sempurna. Kamu harus ingat satu hal,, untuk menjadi apapun yang kau inginkan,, tidak hanya butuh keinginan saja.. butuh perjuangan,, dipukul berulang kali, bahkan dibakar.. sehingga menjadilah apa yang kau inginkan..”
“Tapi... aku hanya ingin disana..”
“Kamu tahu?? Dibumi belahan manapun “sang matahari” bersinar,,ia akan tetap cemerlang….
Sekarang waktumu untuk berpikir,,
Kamu ingin jadi apa…??”
semoga bermanfaat...

No comments:

Post a Comment

Alhamdulillah akhirnya inget password blog, semoga azzam buat nulis rutin di blog bukan hoax!