Saturday 30 November 2013

Manusia Tidak Berguna




Pernahkah merasa menjadi orang paling tidak berguna sedunia?

Ketika tugas-tugas dan laporan bertebaran tidak terselesaikan. Belum hilang yang satu tumbuh seribu. Ketika proposal, surat-surat dan LPJ harus selalu direvisi karena belum benar. Kemudian hati kecilmu berkata “Hei..mengapa kau tak pernah becus menyusun huruf-huruf itu.”
Bahkan orang-orang terdekatmupun mulai menyangsikan kredibilitasmu sebagai seorang yang bisa dipercaya.
Masihkah menganggap dirimu sendiri berguna?

Saya pernah berfikir demikian. Tapi taukah, bahwa ada yang 19 atau 20 tahun yang lalu hampir mengorbankan jiwanya hanya untuk manusia yang menganggap dirinya sendiri kini tak berguna. Ada yang menyisipkan namamu dalam setiap sujud dan doanya. Ada yang diam-diam  (meski tak pernah kau tahu) ternyata memuji kehebatanmu di depan teman-temannya. Ada yang mempunyai harapan agar kau  bisa bahagia, seperti apapun pilihanmu. Hanya itu, sederhana saja.

Dan satu hal yang paling penting, ada Tuhan tidak menciptakanmu dengan sia-sia.

Seperti apapun dirimu sekarang, ternyata ada yang diam-diam berharap, ada yang ternyata mengharapkan. Karena seutuhnya dirimu bukan milikmu sendiri.

Lalu adakah alasan untuk tidak menghargai apa yang telah kau perbuat selama ini. Adakah alasan untuk tidak segera bangkit dan mewujudkan harapan sesiapapun yang berharap itu?
Mungkin sebelum melakukan itu ada baiknya sesekali kau memberi apresiasi pada dirimu dengan mengucapkan dalam hati, "Wahai diriku, terimakasih untuk segala yang kau perbuat selama ini, selamat berjuang. Aku akan terus mendoakan kebaikan untukmu. Semangaaatthhh!!!"

No comments:

Post a Comment

Alhamdulillah akhirnya inget password blog, semoga azzam buat nulis rutin di blog bukan hoax!